30 C
Banjarbaru
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Puluhan Jurnalis dan Wartawan Kalsel Ikuti UKW Angkatan XXII di Banjarmasin

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan XXII di Banjarmasin diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia Kalimantan Selatan (PWI Kalsel) di Hotel Banjarmasin Internasional (HBI), Rabu (12/6/2024).

Uji Kompetensi ini guna upaya dalam melakukan proses pengujian sesuai dengan standar-standar yang sudah ada ditetapkan penguji UKW dan sesuai dengan standar yang sudah diatur oleh dewan pers.

Diikuti sebanyak  35 peserta jenjang Muda, Madya hingga Utama dan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 11-12 Juni 2024.

Anggota Dewan Kehormatan PWI Pusat, Faturrahman, menyatakan semua 35 peserta yang mengikuti telah dinyatakan kompeten, sehingga ini menggambarkan bahwa rekan-rekan wartawan di Kalsel melaksanakan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

“Yang paling penting adalah bagaimana karya jurnalistik itu memahami tentang apa yang menjadi kepentingan publik terhadap pers,” ujarnya.

Ia juga mengatakan hal ini dapat meningkatkan karya jurnalistik dan kualitas medianya, sesuai dengan kompetensi yang sudah dicapai dari muda.

“Mudah-mudahan kita bisa sama-sama menjaga jurnalisme ini sehingga dia akan terus menjaga kepercayaan publik atas informasi, kemudian karya jurnalistik yang dibaca, di periksa kemudian di akses oleh masyarakat,” ucapnya.

Faturrahman berharap dengan adanya kegiatan ini, para jurnalistik dapat menjaga etika serta sikap-sikap profesional sebagai wartawan dan bagaimana cara hidup ditengah kemajuan teknologi informasi serta perubahan mendapatkan informasi.

“Saya kira ini menjadi bagian penting, kita bisa melakukan adaptasi bahkan memprediksi perkembangan-perkembangan jurnalisme kedepan,” tutup Faturrahman. Ad [IK]

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles