30 C
Banjarbaru
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Update Sementara Bencana Banjir di Tanah Bumbu, Beberapa Kecamatan Mengalami Penurunan dan Penaikan

Update sementara Bencana Banjir di Kabupaten Tanah Bumbu dengan intensitas curah hujan yang tinggi menyebabkan naiknya air Daerah Aliran Sungai (DAS), kepermukaan jalan dan merendam beberapa rumah dan persawahan warga, Jumat (7/6/2024)

Terdapat 7 Kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu yang terdampak banjir, yakni Kec. Sungai Loban, Kec. Kusan Hulu, Kec. Kuranji, Kec. Kusan Tengah, Kec. Karang Bintang, Kec. Satui dan Kec. Batulicin.

Kalaksa BPBD Tanah Bumbu, H. Sulhadi, M.IP mengatakan dampak dari kejadian ini adalah terganggunya aktivitas warga dan jalan transportasi di beberapa Kecamatan/Desa di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Upaya yang dilakukan saat ini adalah Melakukan kordinasi dengan pihak Muspika, melakukan Pemantauan dan Pendataan korban yang terdampak banjir ,menyiapkan perahu karet untuk persiapan evakuasi warga, melakukan evakuasi warga yang terjebak bersama tim gabungan dari pagi hingga sore ± 220 orang,” katanya

Selain itu, ia juga mendistribusikan bantuan logistik di Desa Sebamban Lama dan Sebamban Baru Kecamatan Sungai Loban untuk keperluan posko induk/dapur umum yang dibuat oleh swadaya desa, berkordinasi dengan BPBD Provinsi Kalimantan Selatan terkait bantuan logistik, berkordinasi dengan dengan PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin untuk bantuan logistik.

“Mendistribusikan logistik di Kecamatan Kusan Hulu bersama PT. Arutmin Indonesia Site Batulicin mendistribusikan nasi bungkus ke lokasi penggungsian, melakukan pemasangan 2 buah tenda untuk kebutuhan di dapur umum dan tenaga kesehatan
dan membentuk Posko tim gabungan penangan banjir di Kecamatan Satui,” ujarnya

Untuk Kecamatan Sungai Loban terdapat 6 desa dengan 2.224 jiwa penduduk yang terdampak, Kec. Kusan Hulu 8 desa dengan 722 jiwa penduduk, Kec. Kuranji 1 desa 40 KK, Kec. Kusan Tengah 4 desa 148 jiwa, Kec. Satui 9 desa dengan 9.773 jiwa terdampak, Kec. Batulicin 1 desa dengan 174 jiwa.

“Untuk kondisi saat ini beberapa kecamatan sudah dalam kondisi penurunan dan juga penaikan, diantaranya kecamatan yang mengalami penurunan yaitu kecamatan Sungai Loban, Kuranji dan Karang Bintang. Sedangkan yang naik yaitu Kecamatan Batulicin, Kusan Tengah dan Satui,” ucapnya.

Petugas yang berperan dalam kondisi saat ini, yakni BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Kecamatan, Aparat Desa, TNI/Polri, Brimob, Basarnas Batulicin, PLN, Balai Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan Selatan III, Team Rescue Perusahaan, Relawan, Pramuka dan Masyarakat.

“Saat ini Desa Bakarangan Kecamatan Kusan Hulu telah membentuk posko banjir begitu juga dengan Desa Sebamban Baru dan Sebamban Lama telah membentuk posko banjir dan dapur umum oleh swadaya desa,” tutup Sulhadi. Ad [IK]

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles