32 C
Banjarbaru
Sunday, July 14, 2024
spot_img

PWI Pusat Gelar SJI ke-4 di Kalsel

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat bersama dengan PWI Kalimanatan Selatan (Kalsel) menggelar Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Hotel Tree Park Banjarmasin, Rabu (10/7/2024).

Kegiatan yang disponsori oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai media cetak, elektronik dan online.

Hal ini dilakukan guna kemajuan jurnalistik dalam bersaing mengembangkan berita dari media sosial dan meluruskan berita-berita yang tak pasti arahnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua PWI Pusat, Hendry Ch Bangun, bahwa dengan adanya sekolah ini, wartawan akan dengan mudah dapat beradaptasi di lingkup teknologi canggih.

“Jadi materi yang berikan di SJI ini adalah materi platform, materi inilah yang akan membuat teman-teman wartawan itu dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman,” ucapnya.

Hendry mengatakan SJI ini sudah gelaran yang ke 4 kalinya setelah sebelumnya di tahun 2011, 2012, 2013.

“Sebelum nya dulu pernah berlangsung dan sempat terhenti karena ada beberapa kendala, namun di tahun kita bisa gelar lagi,” imbuhnya

Selain itu, dirinya mengaku, bahwa Kalsel sebagai salah satu yang paling aktif di bidang jurnalisme.

“Menurut saya Kalimantan Selatan salah satu provinsi yang paling maju peningkatan kompetensi wartawan.

“Mereka berlomba-lomba menyampaikan informasi di media sosial sehingga kadang-kadang kita tidak kebenarannya yang mana,” papar Hendry.

Hendry Ch Bangun menegaskan dengan diadakannya SJI ini para peserta diharapkan bisa lebih memahami bagaimana memberikan informasi sesuai dengan nilai-nilai jurnalistik.

“Karena sebetulnya posisi jurnalistik ini terancam kalah dalam bersaing memberikan informasi dengan media sosial, itulah tujuan kita melaksanakan SJI,” tuturnya.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmi berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan aman dan lancar dan membuat para peserta bisa menjadi pilar-pilar penerus PWI.

“30 peserta ini adalah para peserta yang sudah diseleksi dari beberapa media yang terpilih dan diharapkan mereka semua ini bisa menjadi duta PWI yang selanjutnya,” ungkap Helmi.

Ia mengungkap SJI setiap harinya disiarkan di YouTube PWI san bisa ditonton oleh seluruh Indonesia.

“Jadi bagi yang ingin menonton pembelajarannya kami sudah menyediakan di kanal YouTube PWI,” tutupnya. Ad [IK]

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles