32 C
Banjarbaru
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Pemprov Kalsel Bangun Pondasi untuk SAKIP AA

Kepala Biro Organisasi Provinsi Kalimantan Selatan, Galuh Tantri Narindra menjelaskan terkait Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (10/07/2024).

“Ini acara tahunan, setiap pemerintah daerah provinsi, kabupaten dan kota itu selalu dilakukan evaluasi sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah,” ujar Galuh.

Menurutnya, pelaksanaan Monev ini sebagai bentuk pertanggungjawaban bagi pemerintah daerah dalam melakukan perencanaan, sampai dengan pencapaian pembangunan.

Monev tahun ini dilakukan secara bersamaan, Pemprov Kalsel beserta tiga kabupaten yang akan dinominasikan untuk naik peringkat, ketiga daerah tersebut yakni Kabupaten Tanah Laut, Tapin, dan Hulu Sungai Tengah.

Lebih lanjut disampaikan jika persoalan sistem akuntabilitas atau Sakip ini adalah sesuatu yang cukup bergengsi karena tidak cukup mudah untuk mendapatkannya.

“Ini baru pra evaluasi, sesudah ini akan dilakukan quality assurance yang akan dievaluasi di internal Kemenpan, Prov Kalsel juga ikut dievaluasi, saat ini predikat Kalsel ada di posisi A, kita sedang menargetkan untuk naik peringkat menjadi AA,” ujarnya.

“Mudah-mudahan rekan kabupaten yang akan dilaksanakan evaluasi ini berhasil dan sesuai dengan yang diharapkan dan khususnya untuk Prov Kalsel sistem akuntabilitas kinerja di internal Kalsel bisa lebih baik dan bisa bermanfaat,” pesannya.

Sementara untuk evaluasi tingkat provinsi ini dilakukan dengan tematik persoalan kemiskinan, sehingga dinas terkait dengan kemiskinan diwajibkan untuk turut hadir pada Monev tersebut.

“Kebetulan Kalsel itu tingkat kemiskinannya nomor dua terbaik se Indonesia sehingga kemudian kita akan membuat proscating dari seluruh perangkat daerah yang ikut mensupport terhadap pencapaian kemiskinan tersebut,” tutupnya. As [IK]

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles