30 C
Banjarbaru
Thursday, July 25, 2024
spot_img

Pelatihan Singkat Satpol PP dan Damkar Prov Kalsel, Tingkatkan Kapasitas Serta Kembangkan Tugas Pokok Satpol PP dan Damkar Kalsel

Kegiatan pelatihan singkat Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pejabat Fungsional Polisi Pamong Praja pada Satuan Polisi Pramong Praja (Satpol PP) dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), yang berlangsung di Ruang Rapat Aberani Sulaiman, Rabu (29/5/2024).

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Selatan, Zakly Asswan menyampaikan bahwasannya pelatihan singkat peningkatan kapasitas bagi pejabat admistrator, pejabat pengawas dan pejabat fungsional ini adalah dimaksudkan sebagai salah satu wahana dalam mengembangkan wawasan dan pengetahuan terkait dengan tugas pokok dan fungsi Satpol PP.

Dalam menyelenggarakan urusan ketertiban umum, ketenteraman masyarakat dan perlindungan masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah.

“Yang mana urusan tersebut merupakan salah satu urusan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar dan aparatur polisi pamong praja menjadi pilar dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Terselenggaranya pelatihan singkat ini, merupakan bagian
penting dari komitmen Satpol PP dan Damkar Kalsel untuk terus berupaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dengan didukung fasilitas dan sarana prasarana, agar kualitas
pelayanan kepada masyarakat dapat lebih meningkat lagi.

“Perlu saya ingatkan, bahwa saudara-saudara sekalian
diharapkan untuk dapat lebih mengembangkan kompetensi, keahlian dan keterampilan yang dimiliki secara lebih profesional dan terencana ke depannya,” terangnya.

Selain itu, sambungnya, melalui kegiatan ini juga
diharapkan agar saudara- saudara sekalian dapat menjawab tantangan yang semakin kompleks serta dapat terus meningkatkan kinerja dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat khususnya di provinsi kalimantan selatan.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, aspek keamanan, ketertiban
dan penegakan hukum adalah faktor penting dalam pembangunan, ketertiban dan keamanan suatu daerah akan pembangunan dapat berjalan dengan lancar,” tambah Zakly.

Ia melanjutkan, pemerintah daerah perlu memastikan aspek keamanan dan ketertiban masyarakat dapat terjaga, seiring dengan jalannya pembangunan daerah.

“Oleh sebab itu, untuk mengatasi berbagai gangguan terkait
keamanan dan ketertiban masyarakat diperlukan wibawa pemerintah daerah yang kuat,” harapnya

Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, merupakan garda terdepan dalam menjaga kewibawaan pemerintah daerah. Satpol pp juga berfungsi sebagai unsur sosialisasi dan penegakan berbagai peraturan daerah.

“Dengan demikian satpol pp diharapkan dapat melakukan pendekatan persuasif dalam melaksanakan tugas sehari-hari,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Zakly berharap, dengan dilaksanakannya
kegiatan ini dapat menjadi motivasi untuk menjalankan amanah dan tanggung jawab yang diberikan dengan penuh dedikasi, loyalitas, integritas dan profesionalisme.

Kemudian juga, menurutnya bahwasanya harus
mengutamakan pendekatan humanis dalam pelaksanaan tugas, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan penertiban non yustisial, ataupun tindakan-tindakan administratif.

“Tetap jaga kode etik serta norma yang berlaku di masyarakat,” papar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Selatan.

“Akhir kata, selamat mengikuti kegiatan pelatihan. Semoga
Allah SWT senantiasa meridhoi setiap langkah dan upaya saudara-saudara dalam mengemban amanah tugas dan jabatan demi kemajuan Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan,” tutupnya. Ad [IK]

 

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles