30 C
Banjarbaru
Sunday, July 14, 2024
spot_img

Kang Opik Dorong Pembentukan FTBM Kalsel, Majukan Literasi Banua

Ketua Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) pusat, Kang Opik mendorong pembentukan FTBM Kalimantan Selatan.

Harapan tersebut disampaikannya ketika menghadiri kegiatan Bimtek Penguatan Program Komunitas Literasi di Hotel Grand Qin Banjarbaru pada 15—17 Mei 2024.

Pada kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Kalsel tersebut, Kang Opik hadir sekaligus sebagai narasumber.

Menurutnya forum ini sangat mendukung skala kegiatan literasi di daerah. Selain sebagai forum komunikasi juga sebagai forum advokasi.

“Kami berharap segera dibentuk sebagaimana di daerah-daerah lain.  Dengan adanya forum memudahkan jejaring,” tandasnya.

Acara yang secara resmi dibuka oleh Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarbaru dan dihadiri Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program Pemutakhiran Profil Komunitas Literasi yang telah dilakukan selama dua tahun terakhir.

Hal ini disampaikan ketua pelaksana yang juga Koordinator KKLP Literasi, Musdalipah, dalam laporannya. Dijelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan menambah wawasan para pengelola komunitas literasi mengenai pembuatan program kreatif dan inovatif komunitas.

Setelah kegiatan ini, para peserta diharapkan kian semangat menggerakkan budaya literasi, terutama literasi dasar baca tulis, pada masyarakat Kalimantan Selatan. Sesuai instruksi Kepala Badan Bahasa, penguatan program ini akan berkelanjutan dengan pendampingan peserta, sehingga kegiatan tidak hanya berhenti sampai di bimtek ini.

”Kami berharap peserta dapat berperan aktif menyerap ilmu dari Kang Opik, Ketua Forum TBM Pusat, yang kami hadirkan sebagai narasumber. Tidak mudah menghadirkan beliau di sini, untuk itu mari manfaatkan kesempatan ini untuk memajukan literasi masyarakat Banua (Kalimantan Selatan)” tutur Musda.

Seiring dengan itu, Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Mangara Siagian, menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program utama Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu Program Penguatan Literasi Kebahasaan dan Kesastraan.

Sementara dalam sambutannya, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Banjarbaru, Muhammad Nahwani, menyambut baik kegiatan ini sebab diharapkan dapat menambah kemampuan pengelola komunitas untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap literasi baca-tulis.

Narasumber kegiatan ada 4 orang, yaitu Kasubbag Umum Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Koordinator KKLP Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan, Kang Opik (Ketua Forum TBM Pusat), dan Nurul Asmayani (instruktur literasi).

Peserta kegiatan ini merupakan para pengelola komunitas literasi dari berbagai kabupaten/kota di Kalimantan Selatan sejumlah 30 orang.

Selain menerima materi, peserta melakukan praktik baik penyusunan program kreatif dan inovatif, pemanfaatan buku bahan bacaan, pembelajaran literasi baca-tulis pada anak, serta membaca nyaring. *Zak [IK]

Related Articles

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Stay Connected

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan
- Advertisement -spot_img

Latest Articles